Doa Qunut Subuh: Pengertian, Tata Cara, Keutamaan, dan Manfaat

- Author

Jumat, 24 Maret 2023 - 02:58 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Doa Qunut Subuh. Doa Qunut Subuh adalah salah satu doa penting yang dibaca dalam shalat Subuh bagi umat Muslim. Doa ini memiliki banyak makna dan manfaat yang sangat penting bagi kita sebagai umat Muslim.

Sebagai seorang Muslim, kita seharusnya memahami betapa pentingnya pembacaan Doa Qunut Subuh dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tentang pengertian, tata cara, keutamaan, dan manfaat dari Doa Qunut Subuh.

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang Doa Qunut Subuh bagi para pembaca. Semoga dengan artikel ini, kita semua dapat lebih memahami dan memperkuat iman serta keimanan kita sebagai umat Muslim.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Definisi dan Sejarah

Doa Qunut Subuh adalah doa yang dibaca dalam shalat Subuh setelah ruku’ kedua pada waktu-waktu tertentu, terutama pada saat musibah dan kesulitan yang melanda umat Islam. Doa ini dianggap sebagai doa penolak bala dan permohonan keselamatan dari Allah SWT.

Doa Qunut Subuh memiliki beberapa variasi bacaan, tergantung pada mazhab yang dianut oleh pembaca. Meskipun demikian, inti dari doa ini tetap sama, yaitu sebagai ungkapan rasa takut, harap, dan taat kepada Allah SWT.

Doa Qunut Subuh memiliki sejarah yang panjang dalam Islam. Beberapa riwayat menyebutkan bahwa doa ini pertama kali dibaca oleh Nabi Muhammad SAW ketika beliau menghadapi serangan musuh pada saat perang Uhud. Ketika itu, Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam keadaan yang sangat sulit dan terancam bahaya, maka beliau memerintahkan untuk membaca doa Qunut sebagai tanda memohon pertolongan dari Allah SWT.

Sejak itu, Doa Qunut Subuh dianggap sebagai doa yang sangat penting dan harus dibaca dalam shalat Subuh, terutama pada saat-saat yang sulit dan penuh tantangan. Banyak ulama dan tokoh agama Islam yang menekankan pentingnya pembacaan Doa Qunut Subuh, baik dalam hadits-hadits maupun kajian-kajian ilmiah tentang Islam.

Dalam pelaksanaannya, Doa Qunut Subuh biasanya dibaca setelah ruku’ kedua pada waktu-waktu tertentu, terutama pada saat-saat yang memerlukan doa seperti pada bulan Ramadan, hari-hari puasa, atau ketika terjadi bencana alam atau musibah besar yang melanda umat Islam.

Meskipun demikian, Doa Qunut Subuh juga bisa dibaca pada waktu-waktu lain di luar shalat Subuh, seperti setelah shalat Dhuha atau shalat malam. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pengamalan dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang Muslim.

Tata Cara Doa Qunut Subuh

Tata cara membaca Doa Qunut Subuh sebenarnya cukup sederhana dan mudah diikuti. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan:

  1. Setelah membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek dalam shalat Subuh, lakukanlah ruku’ seperti biasa.
  2. Setelah itu, bangkitlah dari ruku’ dan lakukanlah gerakan iktidal. Kemudian, bacalah doa Qunut Subuh dengan khushu’ dan khusyu’.
  3. Selesai membaca doa, lakukanlah sujud seperti biasa dan lanjutkan shalat seperti biasa.

Namun, perlu diingat bahwa tata cara membaca Doa Qunut Subuh bisa bervariasi, tergantung pada mazhab yang dianut oleh pembaca. Beberapa mazhab menggunakan bacaan yang berbeda-beda dalam doa Qunut Subuh, meskipun inti dari doa ini tetap sama.

Sebagai seorang Muslim, penting untuk mempelajari tata cara membaca Doa Qunut Subuh yang benar sesuai dengan mazhab yang dianut. Dengan demikian, kita bisa memperoleh manfaat spiritual dan keberkahan dari doa ini.

Keutamaan Doa Qunut Subuh

Doa Qunut Subuh merupakan doa yang memiliki keutamaan dan keberkahan tersendiri bagi umat Islam yang membacanya. Beberapa keutamaan dari doa ini antara lain:

  1. Doa ini adalah doa sunnah yang dianjurkan untuk dibaca dalam shalat Subuh. Dengan membaca doa ini, kita bisa mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT.
  2. Doa Qunut Subuh juga merupakan doa yang sangat efektif untuk memohon perlindungan dan pertolongan Allah SWT dari segala macam musibah dan bencana.
  3. Selain itu, doa ini juga bisa menjadi sarana untuk memperkuat keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Dengan membaca doa ini secara khusyuk dan penuh keyakinan, kita bisa mendapatkan kekuatan spiritual dan meningkatkan kualitas ibadah kita.
  4. Doa Qunut Subuh juga bisa membantu kita menghadapi berbagai cobaan dan tantangan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengambil waktu untuk berdoa setiap hari, kita bisa lebih tenang dan lebih siap menghadapi segala situasi yang muncul.
  5. Terakhir, doa ini juga bisa membantu kita memperoleh keberkahan dan kesuksesan dalam kehidupan dunia dan akhirat. Dengan membaca doa ini secara rutin dan ikhlas, kita bisa memperoleh ridha dan kasih sayang Allah SWT serta memperoleh kebahagiaan abadi di surga-Nya.

Manfaat Doa Qunut Subuh

Doa Qunut Subuh memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari kita sebagai umat muslim. Beberapa manfaat dari doa ini antara lain:

  1. Memperkuat Iman dan Ketakwaan kepada Allah SWT. Dengan membaca doa Qunut Subuh secara khusyuk, kita dapat menguatkan iman dan ketakwaan kepada Allah SWT.
  2. Meningkatkan Kualitas Ibadah. Dengan membaca doa Qunut Subuh, kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita, sehingga lebih baik dan lebih bermakna.
  3. Menjaga Kesehatan Jiwa dan Raga. Dengan berdoa setiap hari, kita dapat menjaga kesehatan jiwa dan raga kita, sehingga kita dapat hidup lebih sehat dan lebih bugar.
  4. Membantu Menghadapi Cobaan Hidup. Dalam kehidupan, kita akan menghadapi berbagai cobaan dan tantangan. Dengan membaca doa Qunut Subuh, kita dapat memohon pertolongan dan perlindungan Allah SWT untuk menghadapi segala cobaan tersebut.
  5. Memperoleh Keberkahan dan Kebahagiaan Dunia dan Akhirat. Dengan membaca doa Qunut Subuh secara rutin, kita dapat memperoleh keberkahan dan kebahagiaan dalam kehidupan dunia dan akhirat.
  6. Menjaga Silaturahmi dan Kebersamaan dalam Umat Islam. Dengan membaca doa Qunut Subuh bersama-sama di dalam shalat, kita dapat mempererat silaturahmi dan menjaga kebersamaan dalam umat Islam.

Doa Qunut Subuh untuk Anak-Anak

Doa Qunut Subuh juga dapat diajarkan kepada anak-anak sebagai salah satu doa yang dianjurkan untuk dibaca di dalam shalat Subuh. Berikut adalah beberapa manfaat dan cara mengajarkan doa Qunut Subuh kepada anak-anak:

  1. Manfaat Doa Qunut Subuh untuk Anak-Anak: Dengan membiasakan anak-anak untuk membaca doa Qunut Subuh, kita dapat membantu meningkatkan keimanan dan ketakwaan mereka kepada Allah SWT sejak usia dini. Selain itu, doa ini juga dapat membantu menjaga kesehatan jiwa dan raga anak-anak, serta mempererat silaturahmi dan kebersamaan dalam keluarga dan umat Islam.
  2. Cara Mengajarkan Doa Qunut Subuh kepada Anak-Anak: Salah satu cara untuk mengajarkan doa Qunut Subuh kepada anak-anak adalah dengan memberikan contoh dan praktek langsung di dalam shalat Subuh bersama-sama. Selain itu, kita juga dapat membaca doa ini bersama-sama di rumah sebelum atau setelah shalat Subuh, sehingga anak-anak dapat lebih memahami makna dan keutamaan doa ini.
  3. Berikan Penjelasan yang Mudah Dipahami: Saat mengajarkan doa Qunut Subuh kepada anak-anak, pastikan kita memberikan penjelasan yang mudah dipahami dan sesuai dengan usia mereka. Berikan contoh situasi atau peristiwa yang dapat dihubungkan dengan makna doa Qunut Subuh, sehingga anak-anak dapat lebih mudah memahami dan merasakan keutamaan doa ini.

Dengan mengajarkan doa Qunut Subuh kepada anak-anak, kita dapat membantu memperkuat iman dan ketakwaan mereka kepada Allah SWT, serta membentuk karakter anak-anak yang baik dan lebih bertaqwa kepada-Nya.

Bacaan Doa Qunut Subuh

Doa Qunut Subuh

Doa Qunut sholat shubuh dibaca saat memasuki rakaat kedua setelah i’tidal dan sebelum beranjak melakukan sujud.

Doa qunut Subuh versi pendek

Allahummah dinii fii man hadairs, wa ‘aafiinii fii man ‘aafaits, wa tawallanii fii man tawallaits, wa baarik lii fii maa a’thaits, wa qi nii syarra maa qadlaits, fa innaka taqdli wa laa yuqdlaa ‘alaik, wa innahuu laa yadzillu mau waalaits, tabaarakta rabbanaa wa ta’aalaits.

Artinya: “Ya Allah, berilah aku petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk, berilah kesejahteraan kepadaku di antara orang-orang yang Engkau beri kesejahteraan, tolonglah aku di antara orang-orang yang kau beri pertolongan, berikanlah keberkahan kepadaku pada apa-apa yang Engkau berikan kepadaku, dan peliharalah aku dari keburukan yang Engkau putuskan, karena sesungguhnya Engkau memutuskan dan tidak diputuskan atas-Mu, dan tiada kehinaan kepada orang yang telah Engkau tolong, Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami, lagi Maha Tinggi.”

Doa qunut saat sholat Subuh versi panjang

Allahhummahdinii fiiman hadait, wa’a finii fiman ‘aafait, wa tawallanii fiiman tawal-laiit, wa baarik lii fiimaa a’thait, wa qinii syarra maa qadhait.

Fainnaka taqdhii walaa yuqdha ‘alaik, wa innahu laayadzilu man walait, wa laa ya’izzu man ‘aadait, tabaa rakta rabbanaa wata’aalait.

Falakalhamdu ‘alaa maaqadhait, Astaghfiruka wa’atuubu ilaik, Wasallallahu ‘ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa’alaa aalihi washahbihi wasallam.

Artinya: “Ya Allah tunjukkanlah padaku sebagaimana pada mereka yang telah Engkau beri petunjuk, dan berilah padaku pengampunan sebagaimana pada mereka yang Engkau beri ampun, dan peliharalah aku sebagaimana pada mereka yang Engkau pelihara, dan berilah padaku keberkatan sebagaimana yang telah Engkau karuniakan pada merek, dan selamatkan aku dari mara bahaya yang telah Engkau tentukan.

Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan yang kena hukum, maka sesungguhnya tidaklah hina pada mereka orang yang Engkau pimpin, dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi, Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau.

Maka bagi Engkau segala puji atas yang Engkau hukumkan, aku mohon ampun kepada Engkau dan aku bertobat kepada Engkau, dan semoga Allah mencurahkan rahmat dan kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.”

Baca juga Mengenal Lebih Dekat Sholat Tahajud yang Luar Biasa Manfaatnya

Qunut Subuh dan Duha

Qunut Subuh dan Duha adalah doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca setiap umat Muslim. Kedua doa ini memiliki keutamaan dan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan seorang Muslim.

Doa Qunut Subuh adalah doa yang dibaca dalam shalat Subuh pada rakaat terakhir sebelum ruku’. Sedangkan Doa Duha adalah doa yang dibaca setelah terbit matahari dan sebelum masuk waktu Dhuha.

Kedua doa ini mengandung doa-doa yang bersifat memohon pertolongan, ampunan, perlindungan, serta keberkahan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, membaca doa ini juga dapat menenangkan hati dan memberikan ketenangan dalam menjalani kehidupan.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Muslim untuk membaca kedua doa ini secara rutin setiap harinya. Dengan demikian, diharapkan umat Muslim dapat merasakan manfaat dan keberkahan dari doa-doa yang dibaca tersebut.

Berita Terkait

Jadwal Sholat & Imsak Hari ini Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah
Jadwal puasa Ramadhan 2024 Wonogiri, Jawa Tengah
Jadwal puasa Ramadhan 2024 Semarang, Jawa Tengah
Ucapan HUT RI ke-78 Bahasa Jawa untuk story
Makna ucapan Hari Raya Idul Fitri yang jarang diketahui
Banner ucapan idul fitri 1444 h background biru
Download 13 Banner Ucapan Idul Fitri 1444 H 2023 Bahasa Jawa
Jadwal puasa dan shalat Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan 2023
Berita ini 180 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 12 Maret 2024 - 20:55 WIB

Jadwal Sholat & Imsak Hari ini Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Selasa, 12 Maret 2024 - 20:40 WIB

Jadwal puasa Ramadhan 2024 Wonogiri, Jawa Tengah

Selasa, 12 Maret 2024 - 20:20 WIB

Jadwal puasa Ramadhan 2024 Semarang, Jawa Tengah

Rabu, 9 Agustus 2023 - 16:14 WIB

Ucapan HUT RI ke-78 Bahasa Jawa untuk story

Rabu, 19 April 2023 - 23:25 WIB

Makna ucapan Hari Raya Idul Fitri yang jarang diketahui

Jumat, 14 April 2023 - 14:22 WIB

Banner ucapan idul fitri 1444 h background biru

Jumat, 14 April 2023 - 13:57 WIB

Download 13 Banner Ucapan Idul Fitri 1444 H 2023 Bahasa Jawa

Jumat, 14 April 2023 - 11:47 WIB

Jadwal puasa dan shalat Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan 2023

Berita Terbaru

Bahasa Jawa

Contoh undangan pernikahan bahasa Jawa pengantin wanita

Senin, 20 Mei 2024 - 23:36 WIB

Bahasa Jawa

Wangsalan: pengertian, jenis dan 22 contoh kalimatnya

Jumat, 10 Mei 2024 - 22:50 WIB

Bahasa Jawa

Bahasa Jawa kecewa dan artinya

Sabtu, 4 Mei 2024 - 14:46 WIB

Bahasa Jawa

Arti loro ati bahasa Jawa

Sabtu, 4 Mei 2024 - 13:07 WIB

Uncategorized

Apa yang dimaksud Kawruh Basa?

Sabtu, 20 Apr 2024 - 07:48 WIB