Mengenal Lebih Dekat Sholat Tahajud yang Luar Biasa Manfaatnya

- Author

Jumat, 24 Maret 2023 - 02:13 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sholat Tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah tidur dengan waktu pelaksanaan yang dianjurkan pada sepertiga malam terakhir.

Sholat tahajud memiliki banyak manfaat dan keutamaan, di antaranya dapat mendekatkan diri pada Allah SWT, meningkatkan ketakwaan, dan memperoleh keberkahan dalam hidup. Sholat tahajud juga dianggap sebagai salah satu ibadah yang paling dicintai oleh Allah SWT.

Niat sholat tahajud

Niat Sholat Tahajud

Pelajari niat sholat tahajud beserta penjelasan lengkapnya agar kamu dapat melaksanakan ibadah ini dengan benar dan penuh keikhlasan.

Niat sholat tahajud 2 rakaat sendiri di rumah dalam arab, latin, dan artinya adalah sebagai berikut:

Latin : Ushallii sunnatat-Tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’alaaa.

Artinya: “Saya (berniat) mengerjakan sholat sunnah Tahajjud dua raka’at semata-mata karena Allah Ta’ala.”

Baca juga Jadwal Imsak, Buka Puasa, dan Waktu Shalat Kabupaten Balangan 2023

Manfaat Mengejutkan Sholat Tahajud

Sholat tahajud memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan baik secara fisik maupun spiritual. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari sholat tahajud:

  1. Mendekatkan diri pada Allah SWT

Sholat tahajud adalah bentuk ibadah yang dapat membantu kita untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Dengan memperbanyak ibadah dan berdoa pada sepertiga malam terakhir, kita dapat merasakan kehadiran Allah SWT yang lebih dekat.

  1. Meningkatkan ketakwaan

Sholat tahajud juga dapat membantu meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Dengan rutin melaksanakan sholat tahajud, kita dapat lebih fokus pada tujuan hidup sebagai hamba Allah SWT dan meningkatkan kesadaran untuk selalu berbuat baik.

  1. Menenangkan pikiran dan jiwa

Sholat tahajud dilakukan di malam hari, ketika keadaan tenang dan sepi. Hal ini dapat membantu menenangkan pikiran dan jiwa, sehingga kita dapat merasakan ketenangan dan kedamaian yang berasal dari kedekatan dengan Allah SWT.

  1. Meningkatkan produktivitas

Sholat tahajud dapat membantu meningkatkan produktivitas kita sepanjang hari. Dengan bangun lebih awal dan melaksanakan sholat tahajud, kita dapat merasa lebih segar dan siap menghadapi aktivitas sehari-hari.

  1. Memperoleh keberkahan dalam hidup

Sholat tahajud juga dianggap dapat membawa keberkahan dalam hidup. Dengan memperbanyak ibadah dan berdoa pada sepertiga malam terakhir, kita dapat memohon kepada Allah SWT untuk memberikan keberkahan dalam hidup kita.

Itulah beberapa manfaat dari sholat tahajud yang bisa dirasakan oleh setiap muslim yang melakukannya dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan.

Baca juga Jadwal Imsak, Buka Puasa, dan Waktu Shalat Kabupaten Badung 2023

Keutamaan dan Faedah Sholat Tahajud

Sholat tahajud memiliki banyak keutamaan dan faedah yang dapat dirasakan oleh setiap muslim yang melakukannya dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan. Berikut ini adalah beberapa keutamaan dan faedah dari sholat tahajud:

  1. Mendapat pahala yang besar: Sholat tahajud merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Dengan melaksanakan sholat tahajud, kita dapat memperoleh pahala yang besar dan berlimpah dari Allah SWT.
  2. Mendapat ampunan dari Allah SWT: Sholat tahajud juga dapat membantu kita mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Dengan memperbanyak ibadah dan berdoa pada sepertiga malam terakhir, kita dapat memohon kepada Allah SWT untuk mengampuni dosa-dosa kita.
  3. Mendapatkan keberkahan dalam hidup: Sholat tahajud dianggap sebagai salah satu ibadah yang dapat membawa keberkahan dalam hidup. Dengan memperbanyak ibadah dan berdoa pada sepertiga malam terakhir, kita dapat memohon kepada Allah SWT untuk memberikan keberkahan dalam hidup kita.
  4. Menjaga kesehatan tubuh dan jiwa: Sholat tahajud juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan jiwa. Dengan rutin melaksanakan sholat tahajud, kita dapat merasakan manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh dan jiwa kita.
  5. Meningkatkan kualitas hidup: Sholat tahajud juga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup kita. Dengan memperbanyak ibadah dan berdoa pada sepertiga malam terakhir, kita dapat memohon kepada Allah SWT untuk memberikan kemudahan, kebahagiaan, dan keberhasilan dalam hidup kita.
  6. Mendapatkan pahala yang besar: Sholat tahajud adalah salah satu ibadah yang pahalanya besar di sisi Allah SWT. Dengan melaksanakan sholat tahajud dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan, kita dapat memperoleh pahala yang besar dari Allah SWT.

Itulah beberapa keutamaan dan faedah dari sholat tahajud yang dapat kita rasakan sebagai seorang muslim. Dengan melaksanakan sholat tahajud secara rutin, kita dapat meningkatkan kualitas hidup kita dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

5 Tips Melaksanakan Sholat Tahajud

Sholat tahajud merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Namun, melaksanakan sholat tahajud pada awalnya mungkin terasa sulit dan menantang bagi sebagian orang. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu Anda melaksanakan sholat tahajud dengan lebih mudah dan konsisten:

  1. Membiasakan diri bangun lebih awal: Untuk melaksanakan sholat tahajud, Anda perlu bangun lebih awal pada malam hari. Oleh karena itu, mulailah membiasakan diri bangun lebih awal di pagi hari dan mengurangi waktu tidur malam hari agar dapat melaksanakan sholat tahajud dengan konsisten.
  2. Menentukan target waktu sholat tahajud: Tentukan target waktu untuk melaksanakan sholat tahajud yang sesuai dengan jadwal Anda. Misalnya, Anda bisa menentukan waktu sholat tahajud pada setiap hari Jumat atau pada hari-hari tertentu di minggu tertentu.
  3. Menyiapkan diri sebelum tidur: Sebelum tidur, persiapkan diri untuk melaksanakan sholat tahajud. Bersihkan wajah, sikat gigi, dan siapkan pakaian yang akan dipakai saat melaksanakan sholat. Hal ini akan membantu Anda lebih siap dan semangat untuk melaksanakan sholat tahajud pada malam hari.
  4. Membuat niat yang kuat dan konsisten: Membuat niat yang kuat dan konsisten sangat penting dalam melaksanakan sholat tahajud. Jangan sekedar melaksanakan sholat tahajud karena ikut-ikutan atau karena ingin mendapat pujian dari orang lain. Tetapkan niat yang tulus dan konsisten agar dapat melaksanakan sholat tahajud secara rutin.
  5. Mengatur pola hidup sehat: Pola hidup sehat dapat membantu Anda lebih mudah melaksanakan sholat tahajud. Usahakan untuk menghindari makanan yang berat dan mengandung banyak lemak saat berbuka puasa agar tidak merasa lelah saat bangun tidur pada malam hari. Selain itu, perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

Itulah beberapa tips untuk membantu Anda melaksanakan sholat tahajud dengan lebih mudah dan konsisten. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat memperoleh manfaat dan keberkahan dari ibadah sunnah yang sangat dianjurkan ini.

Baca juga Doa Qunut Subuh: Pengertian, Tata Cara, Keutamaan, dan Manfaat

Dzikir setelah sholat tahajud yang bisa dipelajari

Selesai salam, disunahkan membaca wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istigfar. Mengingat segala kebaikan Allah SWT melalui serangkaian zikir. Setidaknya 100 kali.

  • Tasbih: Subhanallah (سبحان الله), artinya Maha Suci Allah.
  • Tahmid: Alhamdulillah (الحمد لله), artinya Segala Puji Bagi Allah.
  • Takbir: Allahu Akbar (الله أكبر), artinya Allah Maha Besar.
  • Istighfar pendek: Astaghfirullah, artinya, aku mohon ampun kepada Allah.

Dapat ditambahkan dengan sayyidul istighfar, yang kerap dilantunkan oleh Rasulullah SAW, seperti yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

“Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana ‘abduka, wa ana ala ahdika wawa’dika mastatha’tu, audzubka min syarrima shana’tu, abu’u laka bini’matika alayya wa abu’u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudzunuba illa Anta.”

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui dosaku kepada-Mu dan aku akui nikmat-Mu kepadaku, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain-Mu.”

Amalan dan Adab Sholat Tahajud

Berikut adalah amalan dan adab dalam melaksanakan sholat tahajud:

  1. Memperbanyak membaca Al-Quran
  • Dalam sholat tahajud, disarankan untuk membaca Al-Quran secara khusyuk dan tajwid yang benar. Bacaan Al-Quran yang paling disarankan dalam sholat tahajud adalah surat Al-Mulk dan surat Al-Waqi’ah.
  1. Memperbanyak beristighfar
  • Selain membaca Al-Quran, disarankan untuk memperbanyak beristighfar dan memohon ampunan kepada Allah SWT.
  1. Membaca wirid dan doa setelah sholat tahajud
  • Setelah melaksanakan sholat tahajud, disarankan untuk membaca wirid dan doa-doa seperti dzikir pagi dan petang, doa qunut nazilah, doa setelah sholat tahajud, dan lain sebagainya.
  1. Tidur sejenak setelah sholat tahajud
  • Setelah melaksanakan sholat tahajud, disarankan untuk tidur sejenak agar tubuh tidak terlalu lelah. Namun, tidur sejenak ini sebaiknya tidak terlalu lama agar masih bisa melaksanakan aktivitas di pagi hari.
  1. Menjaga adab dan kesopanan dalam sholat
  • Dalam melaksanakan sholat tahajud, kita harus menjaga adab dan kesopanan seperti memakai pakaian yang sopan dan bersih, menghadap kiblat, menutup aurat, tidak berbicara selama sholat, dan lain sebagainya.
  1. Konsisten dalam melaksanakan sholat tahajud
  • Salah satu amalan terbaik dalam melaksanakan sholat tahajud adalah dengan konsisten melakukannya setiap malam. Dengan konsisten, kita akan semakin terbiasa dan mudah dalam melaksanakannya serta mendapatkan manfaat yang lebih besar dari sholat tahajud.
  1. Membaca doa sebelum tidur
  • Sebelum tidur setelah melaksanakan sholat tahajud, disarankan untuk membaca doa agar diberikan kekuatan untuk kembali melaksanakan sholat tahajud di malam berikutnya.

Tentang Syarat dan Rukun Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim. Dalam melaksanakan sholat tahajud, terdapat beberapa syarat dan rukun yang harus dipenuhi agar sholat tersebut sah dan diterima oleh Allah SWT. Berikut ini adalah penjelasan mengenai syarat dan rukun sholat tahajud:

  1. Syarat Sholat Tahajud
  • Beragama Islam
  • Mengetahui waktu sholat tahajud
  • Mengetahui tata cara sholat tahajud
  1. Rukun Sholat Tahajud
  1. Niat
  2. Takbiratul Ihram
  3. Berdiri Bagi yang Mampu (Khusus Shalat Fardu)
  4. Membaca Al-Fatihah
  5. Ruku dengan Thumaninah
  6. I’tidal dengan Thumaninah
  7. Sujud Dua Kali dengan Thumaninah
  8. Duduk di Antara Dua Sujud dengan Thumaninah
  9. Melakukan Duduk Akhir
  10. Membaca Tasyahud atau Tahiyyat Akhir pada Duduk Akhir
  11. Shalawat atas Nabi saw. pada Duduk Akhir
  12. Salam yang Pertama
  13. Tertib

Dalam melaksanakan sholat tahajud, sangat penting untuk memperhatikan syarat dan rukun tersebut agar sholat kita diterima oleh Allah SWT. Selain itu, disarankan juga untuk memperbanyak membaca Al-Quran dan berdoa pada waktu-waktu sepertiga malam terakhir agar mendapat keberkahan dan ampunan dari Allah SWT.

Berita Terkait

Jadwal Sholat & Imsak Hari ini Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah
Jadwal puasa Ramadhan 2024 Wonogiri, Jawa Tengah
Jadwal puasa Ramadhan 2024 Semarang, Jawa Tengah
Ucapan HUT RI ke-78 Bahasa Jawa untuk story
Makna ucapan Hari Raya Idul Fitri yang jarang diketahui
Banner ucapan idul fitri 1444 h background biru
Download 13 Banner Ucapan Idul Fitri 1444 H 2023 Bahasa Jawa
Jadwal puasa dan shalat Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan 2023

Berita Terkait

Selasa, 12 Maret 2024 - 20:55 WIB

Jadwal Sholat & Imsak Hari ini Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Selasa, 12 Maret 2024 - 20:40 WIB

Jadwal puasa Ramadhan 2024 Wonogiri, Jawa Tengah

Selasa, 12 Maret 2024 - 20:20 WIB

Jadwal puasa Ramadhan 2024 Semarang, Jawa Tengah

Rabu, 9 Agustus 2023 - 16:14 WIB

Ucapan HUT RI ke-78 Bahasa Jawa untuk story

Rabu, 19 April 2023 - 23:25 WIB

Makna ucapan Hari Raya Idul Fitri yang jarang diketahui

Berita Terbaru

Not Gamelan

7 suara nada Kenong pelog

Minggu, 16 Jun 2024 - 12:03 WIB

Not Gamelan

2 Suara Nada Kempyang Pelog dan Slendro

Minggu, 16 Jun 2024 - 12:03 WIB

Not Gamelan

5 Suara Nada Kempul Slendro

Minggu, 16 Jun 2024 - 12:02 WIB

Not Gamelan

3 Suara Nada Kempul Pelog

Sabtu, 15 Jun 2024 - 22:57 WIB

Not Gamelan

4 Suara Nada Gong Gamelan Jawa

Sabtu, 15 Jun 2024 - 22:57 WIB