Notasi Lagu Gundul gundul Pacul Pelog Barang, lirik, dan Not Pianika

- Author

Sabtu, 4 Maret 2023 - 13:55 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kawruhbasa.comNotasi Lagu Gundul gundul Pacul: Gundul gundul Pacul adalah lagu dolanan Jawa yang biasa dimainkan pada gamelan format lancaran dengan mengambil nada titi laras Pelog Barang. Notasi dan lirik lagu ini juga sangat sederhana, bahkan terkesan ugal-ugalan.

Lagu undul gundul Pacul biasanya dinyanyikan dengan warna ceria, karena isi dari lirik lagu ini terkesan guyonan atau candaan, terkadang juga mengandung sindiran, meskipun sebenarnya lagu dolanan ini membawa pesan mendalam yang akan kami bahas setelah notasi dan liriknya kami lampirkan.

Not Gundul gundul Pacul dalam gamelan mengambil titi laras pelog Barang, dengan format lancaran. Bagi yang belum paham bagaimana nada pelog silahkan pelajari dan dengarkan laras gamelan pelog.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Notasi Lagu Gundul gundul Pacul

Notasi Lagu Gundul gundul Pacul Pelog Barang

Di bawah ini adalah notasi gamelan lagu gundul-gundul pacul laras pelog pathet barang.

  • Judul lagu: Gundul Pacul
  • Laras : Pelog Barang (7)
  • Pencipta : Sunan Kalijaga
  • Daerah : Jawa Tengah
  • Golongan : Lagu Wajib Daerah

Catatan: Kalau ada sedikit perbedaan notasi mohon maaf, silahkan dirubah menurut kekompakan kelompok karawitan Anda.

Buka:

357667653653

Ompan/Nyanyi:

6567232735672327
3576765365767653
Notasi Gamelan Lagu Gundul gundul Pacul Pelog Barang

Not pianika gundul gundul pacul

Jika anda menggunakan pianika atau keyboard, atau bahkan alat musik nasional lainnya, notasi yang digunakan adalah sol mi sa si, jadi berbeda dengan notasi gamelan di atas. Not gundul-gundul pacul di atas harus ditranslate terlebih dahulu ke nada nasional, adapun notasi pianikanya sebagai berikut:

A = Do (Silahkan ganti nada dasar sesuai tinggi rendah suara anda)

1313455717175
Gundulgundulpaculculgembelengan
1313455717175
nyungginyungiwakulkulgembelengan
135445431431
wakulglimpangseganedadisaklatar
135445431431
wakulglimpangseganedadisaklatar
Notasi Pianika Lagu Gundul gundul Pacul A=Do

Bagi yang mencari Notasi Lagu Gundul gundul Pacul Pelog Barang format PDF, silahkan unduh filenya di bawah ini:

Lirik gundul-gundul pacul

Seperti telah kami katakan di atas bahwa lirik gundul-gundul pacul sangatlah sederhana, hanya terdiri 4 baris, dan baris 3 dan ke-4 hanya di ulang, seperti di bawah ini:

Gundul gundul pacul cul gembelengan
Nyunggi nyunggi wakul kul gembelengan
Wakul ngglimpang segane dadi sak latar
Wakul ngglimpang segane dadi sak latar

Arti lirik lagu

Gundul gundul cangkul,
sembarangan
Membawa bakul (tempat nasi tradisional)
sembarangan
Bakul terguling, nasinya tumpah jadi sehalaman
Bakul terguling, nasinya tumpah jadi sehalaman

Vedeo gundul-gundul pacul pelog barang

Tentang lagu Gundul-gundul Pacul

Lagu “Gundul Gundul Pacul” merupakan salah satu lagu tradisional Jawa yang sangat populer dan dikenal oleh masyarakat Jawa. Lagu ini bukan hanya sekadar hiburan semata, melainkan memiliki makna dan nilai budaya yang mendalam. Sejak zaman dahulu kala, lagu Gundul Gundul Pacul telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Jawa, baik dalam upacara adat maupun acara hiburan.

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai sejarah dan asal-usul lagu Gundul Gundul Pacul, makna dari lirik lagu, tari Gundul Gundul Pacul, pengaruh lagu ini di masyarakat Jawa, serta pentingnya melestarikan budaya Jawa dan lagu Gundul Gundul Pacul. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai lagu Gundul Gundul Pacul dan budaya Jawa secara keseluruhan.

Asal-Usul Lagu Gundul Gundul Pacul

Lagu Gundul Gundul Pacul berasal dari daerah Jawa Tengah dan memiliki sejarah yang panjang. Meskipun begitu, asal-usul pasti dari lagu ini masih menjadi perdebatan hingga saat ini.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa lagu Gundul Gundul Pacul awalnya merupakan lagu jenaka yang berasal dari abad ke-19. Lagu ini diciptakan oleh seorang seniman atau dalang bernama Ki Sukasman, yang terkenal pada masanya. Sementara itu, ada juga yang mengatakan bahwa lagu ini berasal dari zaman kerajaan Mataram, sebagai bagian dari upacara adat atau pertunjukan kesenian.

Lagu Gundul Gundul Pacul juga memiliki beragam versi yang berkembang di berbagai daerah di Jawa. Salah satu versi yang terkenal adalah versi dari daerah Kudus, Jawa Tengah. Versi ini menjadi sangat populer pada awal tahun 1900-an dan menjadi dasar bagi penyebaran lagu ini ke daerah-daerah lain di Jawa.

Meskipun asal-usul pasti dari lagu Gundul Gundul Pacul masih menjadi misteri, namun lagu ini tetap menjadi bagian penting dari budaya Jawa. Lagu ini terus diwariskan dari generasi ke generasi dan menjadi simbol dari keindahan seni dan kearifan lokal Jawa.

Makna dari Lirik Lagu Gundul Gundul Pacul

Lagu Gundul Gundul Pacul tidak hanya sekadar lagu hiburan semata, melainkan memiliki makna dan pesan yang dalam. Lirik lagu ini menyampaikan pesan mengenai nilai-nilai kehidupan, seperti kerja keras, kesederhanaan, dan kejujuran.

Lirik lagu Gundul Gundul Pacul bercerita tentang seorang petani yang hidup sederhana dan jujur. Petani tersebut memiliki sawah yang tidak luas, namun ia tetap bekerja keras dan tekun untuk mengurusnya. Meski hidupnya sederhana, petani tersebut selalu bersyukur atas apa yang dimilikinya dan tidak pernah mengeluh.

Dalam lirik lagu tersebut juga terdapat pesan mengenai pentingnya saling tolong-menolong dan persatuan. Petani tersebut memiliki tetangga yang saling membantu dan bekerja sama dalam mengurus sawah masing-masing. Mereka saling bergotong-royong dan tidak ada persaingan yang merugikan satu sama lain.

Secara keseluruhan, lirik lagu Gundul Gundul Pacul mengajarkan tentang pentingnya kerja keras, kesederhanaan, kejujuran, dan persatuan. Lagu ini menjadi bukti bahwa seni dan kebudayaan juga dapat menjadi media untuk menyampaikan pesan dan nilai-nilai yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

Tari Gundul Gundul Pacul

Selain lagu, Gundul Gundul Pacul juga memiliki tari tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Tari ini biasanya ditampilkan dalam acara-acara adat seperti pernikahan atau upacara adat lainnya.

Tarian Gundul Gundul Pacul dimulai dengan gerakan ringan yang dilakukan oleh para penari wanita. Kemudian, para penari laki-laki bergabung dan menari dengan gerakan yang lebih dinamis. Para penari mengenakan pakaian adat Jawa lengkap dengan aksesoris seperti kipas atau selendang.

Gerakan dalam tarian ini menggambarkan kehidupan sehari-hari petani yang bekerja di sawah. Para penari menirukan gerakan menanam, memupuk, dan memanen padi dengan cara yang elegan. Musik yang mengiringi tarian ini terdiri dari alat musik tradisional seperti gamelan dan kendang.

Tari Gundul Gundul Pacul menjadi bukti bahwa seni dan budaya tradisional masih terus dilestarikan dan dijaga keberlangsungannya hingga saat ini. Tari ini juga menjadi simbol kebersamaan dan persatuan, sebagaimana yang tergambar dalam lirik lagunya.

Pengaruh Lagu Gundul Gundul Pacul di Masyarakat Jawa

Lagu Gundul Gundul Pacul memiliki pengaruh yang besar di masyarakat Jawa, terutama di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Lagu ini menjadi bagian dari warisan budaya yang sangat dihargai dan dijaga keberlangsungannya dari generasi ke generasi.

Lagu ini sering kali dibawakan dalam acara-acara adat seperti pernikahan, sunatan, dan upacara adat lainnya. Selain itu, lagu ini juga sering kali dipertunjukkan dalam berbagai acara seni dan budaya, baik di tingkat lokal maupun nasional.

Tidak hanya itu, lagu Gundul Gundul Pacul juga telah diaransemen ulang dan dibawakan oleh banyak musisi Indonesia, dari genre musik tradisional hingga pop. Hal ini membuktikan bahwa lagu ini masih relevan dan dihargai oleh banyak orang.

Dalam masyarakat Jawa, lagu Gundul Gundul Pacul juga memiliki makna yang mendalam. Lagu ini mengajarkan tentang kebersamaan, kerja keras, dan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, lagu ini menjadi sangat penting dalam membentuk karakter dan nilai-nilai positif di masyarakat Jawa.

Kesimpulan

Gundul Gundul Pacul adalah sebuah lagu tradisional yang berasal dari Jawa Tengah dan menjadi bagian dari warisan budaya Indonesia yang sangat berharga. Lagu ini tidak hanya memiliki makna dan pesan yang mendalam, tetapi juga telah menginspirasi banyak seniman dan musisi dalam menciptakan karya-karya baru.

Selain lagunya, Gundul Gundul Pacul juga memiliki tarian tradisional yang indah dan sarat dengan makna. Tari ini menjadi simbol kebersamaan dan persatuan, sebagaimana yang tergambar dalam lirik lagunya.

Lagu dan tari Gundul Gundul Pacul juga memiliki pengaruh yang besar di masyarakat Jawa, baik dari segi seni dan budaya, maupun nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, kita harus menjaga dan mempertahankan keberlangsungan lagu dan tari Gundul Gundul Pacul, serta terus menghargai warisan budaya Indonesia yang lainnya.

Pelajari juga Notasi lagu Suwe Ora Jamu

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai “Notasi Lagu Gundul gundul Pacul Pelog Barang, lirik, dan Not Pianika“, semoga menuai manfaat bagi yang membutuhkan. Kunjungi terus Kawruhbasa.com untuk mendapatkan update artikel terbaru seputar seni dan budaya, atau ikuti kami di Google News.

Berita Terkait

7 Suara Nada Peking Slendro
Notasi Ketawang Jawa Slendro 9
Notasi Ketawang Jamuran Slendro 9
Notasi Ketawang Dumadi Slendro 9
Notasi Ketawang Dlongeh Slendro 9
Notasi Ketawang Dholo Slendro 9
Notasi Ketawang Dhendha Slendro 9
Notasi Ketawang Dhandhanggula Tlutur Slendro 9
Berita ini 245 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 7 Februari 2024 - 14:38 WIB

7 Suara Nada Peking Slendro

Rabu, 20 September 2023 - 08:13 WIB

Notasi Ketawang Jawa Slendro 9

Rabu, 20 September 2023 - 07:43 WIB

Notasi Ketawang Jamuran Slendro 9

Rabu, 20 September 2023 - 07:34 WIB

Notasi Ketawang Dumadi Slendro 9

Selasa, 19 September 2023 - 23:51 WIB

Notasi Ketawang Dlongeh Slendro 9

Sabtu, 9 September 2023 - 09:28 WIB

Notasi Ketawang Dholo Slendro 9

Sabtu, 9 September 2023 - 09:08 WIB

Notasi Ketawang Dhendha Slendro 9

Sabtu, 9 September 2023 - 08:55 WIB

Notasi Ketawang Dhandhanggula Tlutur Slendro 9

Berita Terbaru

Bahasa Jawa

Tembung Rangkep: Pengertian, Macam, Contoh, dan perbedaannya

Kamis, 30 Mei 2024 - 00:00 WIB

Bahasa Jawa

Purwakanthi: asal kata, pengertian, jenis dan contoh

Selasa, 28 Mei 2024 - 22:54 WIB

Bahasa Jawa

Parikan: Pengertian lengkap dengan contohnya 2 baris dan 4 baris

Selasa, 28 Mei 2024 - 11:21 WIB