Gamelan Pelog: pengertian, jenis dan suara nada yang perlu anda pelajari

- Author

Jumat, 24 Februari 2023 - 19:16 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kawruhbasa.com – Pelog merupakan laras atau nada gamelan yang tersusun dari nada oktaf dari 7 nada berurutan, yaitu 1 2 3 4 5 6 7 dengan suara nada yang khas jenis pentatonis. Jika dalam musik diatonis dikenal nada mayor minor, maka dalam gamelan ada pelog dan slendro.

Laras gamelan pelog berbeda dengan laras slendro. Menurut sejarahnya, dahulu gamelan hanya ada laras slendro, tetapi seiring perkembangan diciptakanlah gamelan pelog.

Pada masa ini, laras pelog banyak digunakan dalam musik campursari, namun meskipun sama-sama pelog, larasnya berbeda dengan laras pelog dalam karawitan. Karena laras pelog dalam campursari sudah disesuaikan dengan nada diatonis dengan tujuan suaranya tidak fals. Karena pelog dalam gamelan karawitan memiliki nada yang lebih tinggi daripada gamelan campursari yang cenderung diturunkan nadanya menyesuaikan keyboard.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pengertian pelog

Gamelan Pelog

Pelog adalah laras (nada) gamelan yang terdiri dari 7 nada, yaitu 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7, Cara membaca notasinya: 1 = ji, 2 = ro, 3 = lu, 4 = pat, 5 = ma, 6 = nem, dan 7 = pi.

Susunan laras pelog mirip dengan susunan nada diatonis. Kemiripan nada tersebut bisa anda cek menggunakan keyboard yang umumnya laras pelog gamelan jika disamakan dengan diatonis bernada dasar A# atau Bes.

Jadi, nada pelog gamelan umumnya lebih tinggi dan sebenarnya ada sepersekian perbedaan nada. Jika keduanya bunyikan maka akan ada fals.

3 jenis pelog

Dalam karawitan pelog dibagi menjadi 3, yaitu pelog 5 (lima), pelog 6 (nem) atau Bem dan pelog 7 (barang). Perbedaan ketiga pelog tersebut biasanya terletak pada nada dasar yang digunakan, sehingga suara rangkaian nada dan lagu yang dihasilkan pun menghasilkan nuansa yang berbeda pula.

1. Pelog 5 (lima)

Pelog 5 (lima) adalah nada pelog yang biasanya menggunakan gong 1 atau gong 5, meskipun tidak selalu. Umumnya, lagu-lagu atau gending yang menggunakan laras 5 terkesan sedih atau menderita.

Secara nada, tidak ada perbedaan nada dasar yang mencolok dengan pelog 6. Pada laras ini sering juga menggunakan nada 4 yang pada pelog 6 umumnya jarang digunakan.

2. Pelog 6 (nem)

Pelog 6 (nem) adalah laras pelog yang biasanya mengambil nada dasar gong 6 atau gong 2, meskipun tidak juga semua lagu atau gending pelog nem demikian.

Laras pelog 6 banyak digunakan untuk lagu-lagu atau gending yang bernuansa suka cita, percintaan, dll meski ada juga lagu laras pelog nem yang mencerminkan kesedihan.

3. Pelog 7 (barang)

Pelog 7 (barang) adalah laras yang biasanya mengambil nada dasar gong 2 atau 5, meskipun juga tidak selalu demikian.

Laras pelog barang banyak digunakan untuk lagu-lagu atau gending yang bernuansa semangat, sebagai contoh lagu gugur gunung yang mencerminkan semangat gotong royong.

Gamelan Pelog dalam musik Campursari

Campursari adalah sebuah musik gaya baru hasil peleburan antara gamelan dan alat musik elektrik yang diciptakan oleh almarhum Maestro Campursari Bp. Manthous dari Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Sampai saat ini musik campursari masih sangat diminati masyarakat Jawa Tengah maupun DIY, dan bahkan Jawa Timur. Hal ini terbukti masih banyaknya orang punya hajat yang mengundang grup CS untuk menghibur tamu.

Dahulu, dalam panggung campursari beliau Bp. Manthous menggabungkan alat musik diatonis seperti drum, gitar, bas, keyboard, ukulele dengan kendang Jawa, siter, gong, demung, saron, dan gender menjadi sebuah musik khas Jawa yang enak didengar.

Namun, seiring perkembangan jaman, saat ini musik campursari semakin diringkas menjadi elektone, dengan hanya menggunakan keyboard, kendang, dan 2 buah saron.

Apa perbedaan pelog karawitan dan pelog campursari?

Dilihat dari jumlah wilah sama, tetapi dalam hal suara berbeda. Laras gamelan pelog karawitan menggunakan nada pentatonis, sedangkan pelog campursari menggunakan nada diatonis. Selain itu, nada pada gamelan pelog karawitan umumnya lebih tinggi.

Selengkapnya baca pembahasan Perbedaan Pelog karawitan dan Pelog campursari

Download suara nada gamelan laras pelog

Di bawah ini adalah suara asli nada gamelan pelog yang bisa anda download untuk berbagai kepentingan. Dimasa ini suara gamelan tersebut bisa digunakan untuk sampling keyboard elektone campursari. Bagi yang membutuhkan anda tidak perlu merekam sendiri satu-persatu suara nada gamelan.

Perlu diketahui bahwa format file audio suara nada gamelan laras pelog di bawah ini adalah WAV, silahkan convert sendiri jika ingin mengubahnya ke mp3 atau format lain.

CATATAN: nada setiap ricikan gamelan di bawah ini kami sajikan dalam nada rendah dan nada tinggi dengan laras standar gamelan (babonan RRI Surakarta), tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi.

Untuk dapat mendengarkan dengan sempurna, gunakan speaker. Jika anda menggunakan smartphone suaranya tidak akan terdengar semestinya, karena nada yang cenderung rendah seperti slenthem, kempul, dan gong tidak akan terdengar dengan semestinya.

1. 14 Suara Nada Titi Laras Bonang Barung Pelog

susunan nada titi laras bonang barung pelog

DOWNLOAD DI SINI

2. 14 Suara Nada Titi Laras Bonang Penerus Pelog

ilustrasi titi laras bonang penerus pelog

DOWNLOAD DI SINI

3. 7 Suara Nada Demung Pelog

ilustrasi titi laras demung pelog

DOWNLOAD DI SINI

4. 3 Suara Nada Kempul Pelog

Kempul gamelan Jawa

DOWNLOAD DI SINI

5. 2 Suara Nada Kempyang Pelog dan Slendro

kempyang slendro dan pelog gamelan Jawa

DOWNLOAD DI SINI

6. 7 suara nada Kenong pelog

nada kenong pelog

DOWNLOAD DI SINI

7. 2 suara nada kethuk slendro dan pelog

nada kethuk

DOWNLOAD DI SINI

8. 7 Suara Nada Peking Pelog

nada peking pelog

DOWNLOAD DI SINI

9. 7 Suara Nada Saron Pelog

nada saron pelog

DOWNLOAD DI SINI

10. 7 Suara Nada Slenthem Pelog

nada Slenthem Pelog

DOWNLOAD DI SINI

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Gamelan Pelog: pengertian, jenis dan suara nada, semoga memberikan manfaat bagi anda yang membutuhkannya. Kunjungi terus Kawruh Basa untuk mendapatkan artikel terbaru seputar bahasa Jawa dan Seni budaya, atau ikuti kami di Google News.

Berita Terkait

7 Suara Nada Peking Slendro
Notasi Ketawang Jawa Slendro 9
Notasi Ketawang Jamuran Slendro 9
Notasi Ketawang Dumadi Slendro 9
Notasi Ketawang Dlongeh Slendro 9
Notasi Ketawang Dholo Slendro 9
Notasi Ketawang Dhendha Slendro 9
Notasi Ketawang Dhandhanggula Tlutur Slendro 9
Berita ini 155 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Rabu, 7 Februari 2024 - 14:38 WIB

7 Suara Nada Peking Slendro

Rabu, 20 September 2023 - 08:13 WIB

Notasi Ketawang Jawa Slendro 9

Rabu, 20 September 2023 - 07:43 WIB

Notasi Ketawang Jamuran Slendro 9

Rabu, 20 September 2023 - 07:34 WIB

Notasi Ketawang Dumadi Slendro 9

Selasa, 19 September 2023 - 23:51 WIB

Notasi Ketawang Dlongeh Slendro 9

Sabtu, 9 September 2023 - 09:28 WIB

Notasi Ketawang Dholo Slendro 9

Sabtu, 9 September 2023 - 09:08 WIB

Notasi Ketawang Dhendha Slendro 9

Sabtu, 9 September 2023 - 08:55 WIB

Notasi Ketawang Dhandhanggula Tlutur Slendro 9

Berita Terbaru

Bahasa Jawa

Contoh undangan pernikahan bahasa Jawa pengantin wanita

Senin, 20 Mei 2024 - 23:36 WIB

Bahasa Jawa

Wangsalan: pengertian, jenis dan 22 contoh kalimatnya

Jumat, 10 Mei 2024 - 22:50 WIB

Bahasa Jawa

Bahasa Jawa kecewa dan artinya

Sabtu, 4 Mei 2024 - 14:46 WIB

Bahasa Jawa

Arti loro ati bahasa Jawa

Sabtu, 4 Mei 2024 - 13:07 WIB

Uncategorized

Apa yang dimaksud Kawruh Basa?

Sabtu, 20 Apr 2024 - 07:48 WIB