Contoh Lamaran Kerja Tulis Tangan

- Author

Kamis, 8 Februari 2024 - 20:55 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan dalam Bahasa Indonesia

Halloai pembaca yang terhormat! Apakah Anda sedang mencari pekerjaan dan membutuhkan contoh surat lamaran kerja tulis tangan dalam Bahasa Indonesia? Tenang saja, Anda berada di tempat yang tepat! Dalam artikel ini, kami akan memberikan contoh surat lamaran kerja yang dapat Anda gunakan sebagai panduan untuk membuat surat lamaran yang menarik perhatian perekrut. Jadi, baca terus artikel ini dan siapkan pensil dan kertas untuk mencatat tips dan trik penting! Oh ya, sebelum mulai, simak dulu gambar ilustrasi di bawah ini sebagai penyemangat!

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan dalam Bahasa Indonesia

Pentingnya Lamaran Kerja Tulis Tangan

Lamaran kerja tulis tangan adalah salah satu langkah awal dalam mencari pekerjaan. Meskipun saat ini sudah banyak lamaran kerja yang dikirim melalui email atau platform online, tetapi lamaran kerja tulis tangan masih memiliki nilai yang penting dan tidak bisa diabaikan begitu saja. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa alasan mengapa lamaran kerja tulis tangan tetap penting dalam proses pencarian kerja.

1. Menunjukkan Komitmen dan Keunikan

Lamaran kerja yang ditulis tangan menunjukkan tingkat komitmen yang tinggi dari pencari kerja. Dalam dunia yang terus berkembang dengan teknologi, pengusaha sering kali menerima banyak lamaran kerja yang dibuat secara digital dengan desain yang seragam. Lamaran kerja tulis tangan akan membuat diri Anda lebih mencolok dan berbeda dari yang lain. Itu menunjukkan bahwa Anda benar-benar memperhatikan detail dan memberikan perhatian khusus untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Anda tuju.

Keunikan lamaran kerja tulis tangan juga dapat menarik perhatian pengusaha. Ketika melamar pekerjaan yang banyak diperjuangkan oleh banyak pelamar, lamaran kerja tulis tangan yang dibuat dengan penuh perhatian dapat menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan, karakter tulisan tangan Anda sendiri bisa menjadi aset yang membedakan Anda dari para pelamar lainnya.

2. Memperlihatkan Keterampilan Komunikasi dan Keahlian Penulisan

Mengirim lamaran kerja tulis tangan membantu Anda memperlihatkan keterampilan komunikasi dan keahlian penulisan. Bagaimanapun juga, baik lamaran kerja yang ditulis tangan maupun yang dikirim secara digital harus memiliki tata bahasa dan penulisan yang baik. Namun, lamaran kerja tulis tangan dapat menunjukkan kemampuan Anda dalam mengorganisir dan menyampaikan pikiran secara tertulis dengan jelas dan terampil.

Pada saat wawancara kerja, kemampuan penulisan yang terampil juga akan sangat berharga. Banyak pekerjaan membutuhkan kemampuan komunikasi tertulis yang baik, dan lamaran kerja tulis tangan dapat menjadi bukti awal bahwa Anda memiliki kemampuan tersebut.

3. Menciptakan Keakraban dan Kedekatan Personal

Lamaran kerja tulis tangan juga dapat menciptakan rasa keakraban dan kedekatan personal. Terutama jika Anda peduli untuk menulis lamaran kerja dengan tangan sendiri, dengan menyematkan nama pengusaha, perusahaan, dan posisi yang Anda lamar, serta menggambarkan alasan Anda tertarik pada perusahaan tersebut. Ini menunjukkan kepada penerima lamaran bahwa Anda sangat tertarik dan berpikiran terbuka untuk mendapatkan kesempatan bekerja di tempat mereka.

Hubungan personal yang terbangun melalui lamaran kerja tulis tangan dapat membantu Anda membuat kesan yang baik dan meningkatkan kemungkinan dipanggil untuk wawancara langsung. Sebuah lamaran kerja tulis tangan yang menarik akan memberikan nafas segar dalam antara lamaran kerja digital yang biasanya diterima oleh perusahaan.

4. Menunjukkan Dedikasi dan Ketekunan

Lamaran kerja tulis tangan juga menunjukkan tingkat dedikasi dan ketekunan dari pencari kerja. Proses menulis lamaran kerja tersebut membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih, karena harus dilakukan dengan tangan dan penulisan serta pengemasan yang rapi. Hal ini menunjukkan bahwa Anda sungguh-sungguh dalam mencari pekerjaan dan bersedia melakukan usaha ekstra.

Keinginan untuk meluangkan waktu dan usaha dalam membuat lamaran kerja tulis tangan adalah sikap yang berharga di mata pengusaha. Ini membuktikan bahwa Anda bersedia berkompromi dan bekerja keras untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Dalam era digital ini, lamaran kerja tulis tangan mungkin terlihat kuno dan tidak efisien. Namun, tetap penting untuk memahami nilai-nilai dari lamaran kerja tulis tangan. Dalam persaingan yang ketat, mengirim lamaran kerja tulis tangan berkualitas tinggi dapat menjadi keuntungan tersendiri dan membawa Anda lebih dekat untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Jadilah yang terdepan dalam mengesankan pemberi kerja dengan lamaran kerja tulis tangan yang unik, terampil, dan penuh perhatian!

Tips Menulis Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Efektif

Bagi sebagian orang, menulis lamaran kerja mungkin terasa seperti tugas yang menakutkan. Namun, dengan mengikuti beberapa tips yang efektif, Anda dapat menyusun lamaran kerja tulis tangan yang menonjol dan membuat Anda mendapatkan perhatian dari para perekrut.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan saat menulis lamaran kerja tulis tangan yang efektif:

Pilih Format yang Sesuai

Saat Anda menulis lamaran kerja tulis tangan, pastikan Anda memilih format yang sesuai. Pilihlah format yang sederhana dan mudah dibaca. Gunakan font yang konsisten dan jangan menggunakan huruf yang terlalu kecil atau terlalu besar. Cantumkan juga tanggal dan alamat dengan jelas di bagian atas lamaran kerja.

Jika Anda belum yakin dengan format yang tepat, Anda bisa mencari contoh-contoh lamaran kerja tulis tangan yang efektif sebagai panduan. Contoh-contoh tersebut bisa Anda temukan di internet atau dengan meminta bantuan dari orang lain yang telah berpengalaman dalam menulis lamaran kerja.

Ketahui Tujuan Anda

Saat Anda menulis lamaran kerja tulis tangan, pastikan Anda jelas tentang tujuan Anda. Jelaskan mengapa Anda tertarik dengan posisi yang dilamar dan sampaikan aspirasi Anda dalam karier. Berikan alasan yang meyakinkan tentang mengapa Anda adalah kandidat yang tepat untuk pekerjaan tersebut.

Untuk dapat mengetahui dengan jelas tujuan Anda, Anda perlu melakukan penelitian tentang perusahaan yang Anda lamar. Pelajari profil perusahaan, nilai-nilai, dan proyek-proyek yang sedang mereka lakukan. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan tulisan dalam lamaran kerja tulis tangan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan perusahaan.

Jadikan Lamaran Kerja Tulis Tangan Anda Unik

Jangan lupa bahwa Anda tidak sendirian dalam mencari pekerjaan. Para perekrut mungkin akan menerima banyak lamaran kerja setiap hari. Oleh karena itu, perlu untuk membuat lamaran kerja tulis tangan Anda unik dan menonjol dari yang lain.

Cobalah untuk menyampaikan informasi penting dengan cara yang menarik dan kreatif. Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti, serta sampaikan diri Anda dengan percaya diri. Jangan takut untuk menonjolkan keahlian dan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Selain itu, pastikan lamaran kerja tulis tangan Anda bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan. Salah penulisan dan kesalahan teknis lainnya dapat memberi kesan buruk pada calon perekrut. Maka dari itu, sebelum mengirimkan lamaran kerja tulis tangan, pastikan Anda melakukan revisi dan pengecekan terhadap tata bahasa dan ejaan yang digunakan.

Kesimpulan

Saat menulis lamaran kerja tulis tangan, penting untuk memilih format yang sesuai, mengetahui tujuan Anda, serta membuatnya menjadi unik dan menonjol. Lamaran kerja tulis tangan yang efektif akan mencerminkan kepribadian Anda dan membuat Anda berdiri dari yang lain. Jangan lupa untuk meningkatkan kesan positif dengan mengirimkan lamaran kerja tulis tangan yang bebas dari kesalahan teknis. Dengan mengikuti tips ini, Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda.

Langkah-langkah Menulis Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Baik

Melamar pekerjaan adalah langkah penting dalam mencari pekerjaan yang diinginkan. Dalam proses melamar pekerjaan, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah menulis lamaran kerja. Meskipun sudah banyak lamaran kerja yang dikirimkan melalui email atau secara online, tetapi lamaran kerja tulis tangan masih banyak digunakan dan dihargai oleh beberapa perusahaan. Untuk itu, berikut adalah langkah-langkah menulis lamaran kerja tulis tangan yang baik:

1. Perhatikan Format Lamaran

Sebelum memulai menulis lamaran kerja tulis tangan, perhatikan terlebih dahulu format yang ditentukan oleh perusahaan. Biasanya, perusahaan akan mencantumkan format yang harus diikuti dalam iklan lowongan pekerjaan. Pastikan untuk mematuhi format yang diberikan agar lamaran Anda terlihat profesional.

2. Gunakan Kertas yang Bersih dan Rapi

Pilih kertas yang bersih dan rapi untuk menulis lamaran kerja tulis tangan. Pilih ukuran kertas standar seperti A4 atau folio. Hindari menggunakan kertas berwarna-warni, motif, atau kertas yang telah terlipat karena dapat memberikan kesan tidak serius pada lamaran Anda. Gunakan pulpen atau tinta yang warnanya kontras dengan warna kertas, seperti hitam atau biru tua, agar tulisan terlihat jelas.

3. Mulailah dengan Informasi Pribadi

Langkah pertama dalam menulis lamaran kerja tulis tangan yang baik adalah dengan menyertakan informasi pribadi Anda. Tulis nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan surel Anda di bagian atas halaman. Pastikan untuk memberikan informasi yang jelas dan mudah dihubungi oleh pihak perusahaan.

4. Tautkan Lamaran dengan Lowongan Pekerjaan

Setelah menyertakan informasi pribadi, tautkan lamaran Anda dengan lowongan pekerjaan yang Anda lamar. Sebutkan posisi yang Anda lamar, nama perusahaan, dan tanggal pengumuman lowongan pekerjaan tersebut.

5. Sampaikan Pengetahuan tentang Perusahaan

Langkah selanjutnya adalah menyampaikan pengetahuan Anda tentang perusahaan yang Anda lamar. Bicarakan hal-hal positif tentang perusahaan, visi dan misi, serta tujuan perusahaan. Pengetahuan ini akan memperlihatkan minat dan keseriusan Anda terhadap perusahaan tersebut.

6. Jelaskan Motivasi Anda dalam Melamar Pekerjaan

Selanjutnya, jelaskan alasan Anda untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Sampaikan motivasi Anda dan kaitkan dengan keahlian atau pengalaman yang Anda miliki. Ceritakan mengapa Anda tertarik dengan pekerjaan ini dan bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan.

7. Soroti Pengalaman dan Keahlian yang Relevan

Dalam lamaran kerja tulis tangan, penting untuk menyoroti pengalaman dan keahlian Anda yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Jelaskan secara singkat pengalaman kerja, pendidikan, atau pelatihan yang Anda miliki dan bagaimana hal itu dapat mendukung Anda dalam menangani tugas-tugas pekerjaan yang akan Anda hadapi.

8. Pernyataan Penutup

Akhir lamaran kerja tulis tangan Anda, berikan pernyataan penutup yang singkat dan jelas. Sampaikan rasa terima kasih Anda atas waktu dan perhatian yang diberikan dalam membaca lamaran Anda. Jelaskan bahwa Anda siap untuk menghadiri wawancara kerja jika diberikan kesempatan. Jangan lupa untuk menandatangani lamaran Anda di bagian bawah halaman.

9. Cek dan Koreksi Lamaran Anda

Sebelum mengirimkan lamaran kerja tulis tangan, cek dan koreksi tata bahasa, tanda baca, dan ejaan Anda. Pastikan tidak ada kesalahan atau typo yang dapat merugikan kesan profesional Anda. Bacalah lagi lamaran Anda dengan saksama dan mintalah bantuan orang lain untuk memeriksanya agar tidak ada kesalahan yang terlewat.

10. Kemasan yang Rapi

Terakhir, pastikan untuk mengemas lamaran kerja tulis tangan Anda dengan rapi sebelum mengirimkannya. Tempatkan lamaran dalam amplop yang bersih dan tuliskan alamat perusahaan dengan jelas di bagian depan amplop. Gunakan stempel “rahasia” jika diperlukan untuk menjaga kerahasiaan lamaran Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menulis lamaran kerja tulis tangan yang baik dan memberikan kesan positif kepada perusahaan yang Anda lamar. Ingatlah untuk menunjukkan keseriusan, motivasi, dan pengetahuan Anda tentang perusahaan dalam lamaran kerja Anda. Semoga berhasil!

Kesalahan Umum dalam Menulis Lamaran Kerja Tulis Tangan

Ketika melamar pekerjaan dengan menggunakan surat lamaran tulis tangan, ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh para pelamar. Kesalahan-kesalahan ini dapat mengurangi kesempatan Anda untuk mendapatkan perhatian dari pihak perusahaan atau bahkan membuat lamaran Anda langsung diseleksi. Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang perlu dihindari saat menulis lamaran kerja tulis tangan:

1. Tidak Menyebutkan Nama Penerima

Menyebutkan nama penerima lamaran kerja sangat penting dalam mengirimkan lamaran kerja tulis tangan. Hal ini menunjukkan bahwa Anda telah melakukan riset tentang perusahaan tersebut dan menunjukkan komitmen serta ketertarikan yang lebih tinggi terhadap posisi yang ditawarkan. Jika Anda tidak menyebutkan nama penerima, lamaran Anda dapat terlihat seperti salinan umum yang dikirimkan ke banyak perusahaan sekaligus.

2. Menggunakan Bahasa yang Kurang Formal

Saat menulis lamaran kerja tulis tangan, penting bagi Anda untuk menggunakan bahasa yang formal dan sopan. Hindari penggunaan bahasa slang atau singkatan yang tidak umum. Pastikan semua kata dan kalimat terstruktur dengan baik dan menggunakan tata bahasa yang benar. Gunakan frasa yang tidak terlalu rumit agar mudah dipahami oleh penerima lamaran.

3. Tidak Memperhatikan Tanda Baca dan Ejaan

Saat menulis lamaran kerja tulis tangan, perhatikan penggunaan tanda baca dan ejaan dengan seksama. Kesalahan dalam penulisan tanda baca atau ejaan yang salah dapat memberikan kesan buruk pada lamaran Anda. Periksa dengan teliti setiap tanda baca, seperti koma, titik, dan tanda baca lainnya. Selain itu, pastikan semua kata dieja dengan benar dan cermat.

4. Tidak Menjelaskan Pengalaman dan Kualifikasi yang Relevan

Salah satu kesalahan umum yang kerap dilakukan adalah tidak menjelaskan secara rinci pengalaman dan kualifikasi yang relevan dengan posisi yang dilamar. Tuliskan dengan jelas pengalaman kerja sebelumnya, keterampilan yang dimiliki, dan pendidikan yang relevan dengan pekerjaan yang ditawarkan. Jangan hanya memberikan pernyataan umum, tetapi jelaskan detailnya dengan contoh konkret yang mendukung klaim Anda. Hal ini akan membantu pihak perusahaan dalam mengevaluasi sejauh mana Anda sesuai dengan kebutuhan mereka.

Selain itu, berikan juga informasi tentang prestasi atau penghargaan yang pernah Anda terima dalam pekerjaan sebelumnya. Hal ini dapat membuat lamaran Anda lebih menonjol dibandingkan dengan lamaran lainnya. Jika Anda memiliki sertifikat atau pelatihan yang relevan, sertakan juga dalam lamaran kerja tulis tangan Anda.

Ingatlah untuk menyampaikan semua informasi ini dengan jelas dan sistematis, sehingga mudah dibaca dan dipahami oleh penerima lamaran kerja.

5. Tidak Mengucapkan Terima Kasih dan Mengekspresikan Harapan

Pada akhir surat lamaran kerja tulis tangan, sampaikan rasa terima kasih atas kesempatan untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Juga, sampaikan harapan Anda untuk dapat bertemu dengan pihak perusahaan untuk menjelaskan lebih lanjut tentang pengalaman dan kualifikasi Anda. Ekspresikan rasa antusiasme dan minat Anda terhadap perusahaan dan posisi yang ditawarkan.

Dengan menghindari kesalahan-kesalahan umum dalam menulis lamaran kerja tulis tangan, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan panggilan wawancara. Jangan lupa untuk memeriksa dan merevisi lamaran Anda sebelum mengirimkannya. Berikan yang terbaik dalam setiap tulisan Anda dan berharap untuk mendapatkan hasil terbaik yang Anda inginkan.

Contoh Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Sukses

Contoh lamaran kerja tulis tangan yang sukses menjadi sangat penting bagi para pencari kerja yang ingin membuat kesan yang baik kepada perusahaan tujuan. Lamaran kerja tulis tangan merupakan salah satu cara untuk menampilkan kemampuan tulis tangan dan kreativitas seseorang dalam mengajukan lamaran kerja. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa contoh lamaran kerja tulis tangan yang sukses.

Pendahuluan

Sebelum kita melanjutkan ke contoh-contoh lamaran kerja tulis tangan yang sukses, penting untuk memahami pentingnya menampilkan diri dengan cara yang berbeda dari pesaing lainnya. Dalam dunia yang semakin kompetitif ini, pekerjaan yang sempurna dapat diberikan kepada orang yang dapat membuat kesan pertama yang kuat. Oleh karena itu, lamaran kerja tulis tangan yang sukses dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Contoh 1: Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Memukau

Perhatian: HR Department PT Maju Bersama

Dengan hormat,

Saya, Ali Rahman, menulis surat ini untuk mengajukan lamaran kerja sebagai Marketing Executive di PT Maju Bersama. Saya tertarik dengan perusahaan ini karena reputasi yang baik dan kesempatan untuk berkembang dalam industri ini.

Sesuai dengan latar belakang saya yang kuat dalam pemasaran dan penjualan, saya yakin dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi PT Maju Bersama. Saya memiliki pengalaman dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan mampu menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Saya juga memiliki keterampilan komunikasi yang kuat dan mampu bekerja dalam tim dengan baik.

Saya memiliki ijazah Sarjana dalam bidang Pemasaran dari Universitas ABC dan telah memiliki pengalaman kerja selama dua tahun sebagai Marketing Executive di perusahaan terkemuka. Selama pekerjaan saya sebelumnya, saya telah berhasil meningkatkan penjualan perusahaan hingga 20%.

Saya berharap untuk memiliki kesempatan untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai kontribusi yang dapat saya berikan bagi PT Maju Bersama. Saya siap untuk menghadiri wawancara kapan saja yang Anda tentukan untuk membahas lebih lanjut tentang kualifikasi dan latar belakang saya.

Terlampir, saya melampirkan CV yang berisi rincian pendidikan, pengalaman kerja, serta referensi yang dapat menguatkan lamaran saya. Saya juga akan siap untuk memberikan portofolio pekerjaan saya jika diperlukan.

Saya berharap untuk mendengar kabar baik dari Anda segera. Terima kasih sudah meluangkan waktu dan mempertimbangkan lamaran kerja saya.

Hormat saya,

Ali Rahman

Contoh 2: Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Kreatif

Perhatian: HR Department PT Kreatif Indonesia

Dengan hormat,

Saya, Anisa Putri, menulis surat ini dengan senang hati untuk mengajukan lamaran kerja sebagai Desainer Grafis di PT Kreatif Indonesia. Saya tertarik dengan perusahaan ini karena reputasi yang baik dan kesempatan untuk berkontribusi dalam dunia desain grafis.

Saya memiliki passion dalam desain grafis dan telah memiliki pengalaman dalam menggunakan berbagai perangkat lunak desain. Saya juga memiliki pemahaman yang kuat tentang tren desain terkini dan mampu menghasilkan desain yang menarik dan inovatif. Selain itu, saya juga memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan dapat bekerja dengan baik dalam tim.

Saya telah menyelesaikan pendidikan di bidang Desain Grafis dari Universitas XYZ dan telah memiliki pengalaman kerja selama satu tahun di sebuah perusahaan desain terkemuka. Selama bekerja di sana, saya telah berhasil merancang berbagai proyek yang mendapat pujian dari klien kami.

Saya berharap ada kesempatan untuk bertemu dan membahas lebih lanjut mengenai lamaran kerja saya. Terlampir, saya melampirkan CV beserta portofolio desain saya yang dapat memberikan gambaran tentang kemampuan dan kreativitas saya dalam desain grafis.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca lamaran kerja saya. Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk berkontribusi dalam tim PT Kreatif Indonesia.

Hormat saya,

Anisa Putri

Dalam kesimpulan, contoh-contoh lamaran kerja tulis tangan yang sukses seperti yang kami berikan di atas adalah contoh-contoh yang menggambarkan kemampuan dan kreativitas pelamar dengan cara yang unik dan menarik. Selain itu, penting untuk menyusun lamaran kerja dengan baik, dengan memperhatikan tata bahasa dan struktur yang benar. Semoga contoh-contoh tersebut dapat memberikan inspirasi bagi Anda dalam menulis lamaran kerja tulis tangan yang sukses.

Berita Terkait

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi
Pencipta Lagu Indonesia Raya Adalah
Lirik Lagu Cinta Tak Harus Memiliki
100 Gram Berapa Sendok Makan
Lirik Lagu Mardua Holong
Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui
Doa Buka Puasa Rajab
Doa Naik Kendaraan Darat

Berita Terkait

Kamis, 8 Februari 2024 - 23:37 WIB

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Kamis, 8 Februari 2024 - 23:22 WIB

Pencipta Lagu Indonesia Raya Adalah

Kamis, 8 Februari 2024 - 22:47 WIB

Lirik Lagu Cinta Tak Harus Memiliki

Kamis, 8 Februari 2024 - 22:23 WIB

100 Gram Berapa Sendok Makan

Kamis, 8 Februari 2024 - 21:37 WIB

Lirik Lagu Mardua Holong

Berita Terbaru

Bahasa Jawa

Dialog Nebus Kembar Mayang dalam Bahasa Jawa

Sabtu, 20 Jul 2024 - 15:11 WIB

Tanya Jawab

Arti “maido” bahasa Jawa

Minggu, 14 Jul 2024 - 10:22 WIB

Bahasa Jawa

Minta maaf dalam bahasa Jawa

Minggu, 14 Jul 2024 - 10:04 WIB