Contoh pidato bahasa Jawa Perpisahan kelas 6 atau 9

- Author

Kamis, 16 Maret 2023 - 08:22 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kawruhbasa.com – Pidato bahasa Jawa perpisahan biasanya disampaikan oleh salah satu siswa sebagai perwakilan dari kelas 6 atau 9 karena mereka sudah lulus dan akan melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.

Biasanya, pidato perpisahan tersebut dilaksanakan pada saat acara perpisahan pada sebuah sekolah. Adapun isinya secara garis besar meliputi sebagai berikut:

  • Ucapan terima kasih dari siswa kepada Bpk/Ibu Guru yang telah mendidik siswa sampai mereka lulus.
  • Ucapan maaf para siswa kepada Bpk/Ibu Guru jika selama ini mereka banyak salah.
  • Ucapan pamit dari sekolah tersebut untuk menuju jenjang sekolah yang lebih tinggi sekaligus minta doa restu kepada Bpk/Ibu Guru.

Tujuan pidato bahasa Jawa Perpisahan

pidato bahasa Jawa Perpisahan bahasa jawa

Sebagai orang Jawa yang selalu menjunjung tinggi etika sopan santun, pamitan merupakan sesuatu yang tidak biasa ditinggalkan begitu saja.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Orang tua Jawa selalu berpesan “Yen teka ketok raine, yen lunga ketok gegere“, yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia “Jika datang kelihatan wajahnya, jika pergi kelihatan gegere”.

Kalimat tersebut bukan semata-mata yang terbaca, makna mendalam dari kalimat tersebut adalah: “Jika datang permisi, pergipun harus permisi”.

Begitu pula ketika anak didik di sebuah sekolah ketika datang permisi, maka ketika sudah lulus dan akan meninggalkan sekolah harus berpamitan pula.

Dengan adanya acara perpisahan, biasanya menciptakan suasana haru antara siswa dan guru, dan bahkan para orang tua wali murid ikut terharu.

Tips menyampaikan pidato bahasa Jawa Perpisahan yang baik

Penyampaian pidato dalam bahasa Jawa yang baik secara garis besar akan menciptakan kesan mendalam bagi yang mendengarnya.

Namun, ini tergantung dari si pembawa pidato sendiri. Ketenangan, kejelasan dalam pengucapan, serta penjiwaan terhadap kalimat yang disampaikan akan sangat menentukan.

Untuk itu, dalam menyampaikan pidato perpisahan hendaknya jangan kaku. Berikut tips agar pidato perpisahan berkesan mendalam.

1. Tenang dan jangan tergesa-gesa

Dalam hal apapun, ketengan merupakan langkah awal yang akan menentukan langkah selanjutnya. Sebelum memulai pidato, tenangkan pikiran dan fokus pada tema pidato yang akan dibawakan. Lemparkan pandangan mata ke semua sudut ruangan, sehingga anda terasa benar-benar menguasai suasana.

2. Mulailah dengan ucapan yang jelas

Ini merupakan kelanjutan dari langkah di atas. Setelah bisa menguasai suasana, otomatis anda akan tenang dan tidak ragu.

Maka mulailah mengucapkan pembukaan pidato dengan ucapan yang jelas. Artikulasi kata yang jelas akan membuat pendengar fokus pada apa yang anda ucapkan.

Jika anda tidak hafal, baiknya membawalah teks yang sudah dirancang dari rumah. Sehingga ketika lupa anda dapat melihat kembali teks yang anda sediakan.

Untuk memahami bahasa Jawa lebih mendalam silahkan lihat artikel: Bahasa Jawa Ngoko, Krama, dan Halus dalam pergaulan sehari-hari

Dengan memahaminya, maka ucapan anda dalam bahasa Jawa akan membuat pidato anda akan lebih mengesankan.

3. Singkat, padat, dan jelas

Sebuah pidato akan sangat mengesankan jika yang disampaikan singkat, padat dan jelas. Sebuah pidato yang tidak jelas alurnya akan sangat menjenuhkan pendengarnya.

Untuk itu, sampaikan pidato perpisahan dengan sesingkat dan sejelas mungkin. Jagalah agar tidak keluar dari topik pembicaraan.

Jika memang sudah selesai apa yang ingin disampaikan, jangan memaksakan menambah subtema akan membawamu terseret ke luar tema pembicaraan.

4. Tutup dengan permintaan maaf

Setelah yakin apa yang ingin anda sampaikan telah selesai, tutuplah pidato dengan permintaan maaf kepada semua pendengar.

Sebagai orang Jawa, permintaan maaf atas kesalahan merupakan sebuah keharusan. Karena dengan menyadari kesalahan akan membuat kita lebih rendah hati dan menyadari bahwa manusia adalah tempatnya salah dan lupa.

Contoh pidato bahasa Jawa Perpisahan

Mungkin pidato pamitan menggunakan bahasa Jawa sudah jarang dilakukan karena biasanya mereka kesulitan dalam hal penataan kata maupun pengucapan.

Sebenarnya, pidato perpisahan yang baik adalah singkat, padat dan jelas. Jangan terlalu panjang, karena akan menimbulkan kejenuhan para pendengar.

Tetapi jangan khawatir, bagi para siswa yang sedang mencari contoh pidato bahasa Jawa Perpisahan baik kelas 6 atau kelas 9, berikut kami berikan beberapa contoh sebagai referensi. Silahkan ganti beberapa kata atau kalimat sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini!

1. Contoh Pidato Bahasa Jawa Perpisahan kelas 6

Di bawah ini adalah contoh pidato bahasa Jawa Perpisahan kelas 6 yang dapat anda modifikasi sesuai situasi dan kondisi.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Nuwun kepareng matur, Bapak/Ibu Kepala Sekolah ingkang kinurmatan, Bapak/Ibu Wali Kelas 6 (nenem), sedaya Bapak/Ibu Guru ingkang kawula tresnani, sedaya tamu undhangan ingkang hormati, saha sedaya adhik-adhik kelas tuwin rencang-rencang ingkang kula tresnani ugi.

Puji syukur konjuk dhumateng ngarsanipun Gusti Allah ingkang Maha Asih, awit ing wekdal menika kula panjenengan sedaya taksih pinaringan rahmat saengga ing wekdal menika kita saged makempal kanthi pinaringan karaharjan.

Kula ingkang tinuding minangka wakil saking siswa kelas VI, ngaturaken agunging panuwun ingkang tanpa upami dhumateng Bapak Ibu Guru, awit saking sih katresnan anggenipun nggulawentah dhumateng kula sakrencang, saengga saged ngrampungaken kewajiban ngangsu kawruh wonten ing pawiyatan menika.

Kula sakrencang namung saged memuji, mugi-mugi sedaya amal lan kesaenan Bapak Ibu Guru pikantuk piwales saking Gusti Allah ingkang Maha Agung, saha tansah pinaringan kasarasan, kawilujengan lan katentreman, saengga saged nggulawentah dhateng adhik-adhik sedaya ngantos dumugi paripurna.

Mboten kesupen kula sakrencang ugi nyuwun pangapunten, awit asring damel Bapak Ibu duka lan kuciwa, awit saking atur saha solah bawa ingkang mboten mranani penggalih panjenengan sedaya.

Bapak/Ibu Guru lan adhik-adhik sedaya, kula sakrencang nyuwun pamit saha nyuwun donga pangestunipun mugi-mugi saget nerusaken wonten pawiyatan ingkang langkung sae.

Kula sakrencang inggih tumut ndedonga, mugi-mugi sak sampunipun kula sakrencang medal, pawiyatan menika langkung majeng ugi langkung sae tinimbang sakderengipun.

Dhumateng Bapak/Ibu Guru lan adhik-adhik sedaya, sepisan malih kula ndedonga mugi tansah pinaringan rahmat saha barokahing Gusti Allah, Amin..

Wasana cekap semanten atur kula, mbok menawi kathah kalepatan atur saha solah bawa ingkang mboten mranani penggalih, kula nyuwun pengampunten.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

2. Contoh Pidato Bahasa Jawa Perpisahan kelas 9

Di bawah ini adalah contoh pidato bahasa Jawa Perpisahan kelas 9 yang dapat anda modifikasi sesuai situasi dan kondisi.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Ingkang kawula hormati Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMP I Manyaran. Ingkang kinurmatan Bapak/Ibu Wali kelas SMP I Manyaran. Ingkang kula tresnani rencang-rencang SMP I Manyaran sedaya kemawon ingkang mboten saged kula sebat setunggal lan setunggalipun.

Puji syukur katur dhumateng ngarsanipun Gusti Allah SWT ingkang Maha Asih, awit ing wekdal menika kula panjenengan sami taksih pinaringan karaharjan saengga ing wekdal menika kita saged makempal ing ……….

Kula minangka wakil saking kelas sanga (9) ngaturaken agunging panuwun ingkang tanpa upami dhumateng Bapak Ibu Guru, awit saking sih katresnan panjenengan sami anggenipun nggulawentah dumateng kula sakrencang, saengga saged ngrampungake kewajiban ngangsu kawruh wonten ing pawiyatan SMP I Manyaran kanthi lancar mboten wonten pambengan setunggal punapa.

Kula sakrencang namung saged ngaturaken pandonga, mugi-mugi sedaya amal lan kasaenan Bapak Ibu Guru pikantuk piwales ingkang murwat saking Allah SWT, tansah pinaringan kawilujengan, kasarasan, lan katentreman, saengga tansah saged nggulawenthah dhateng para murid ngantos paripurna kanthi biji ingkang sae.

Kula minangka wakil saking kelas sanga (9) ngaturaken agunging panuwun ingkang tanpa upami dhumateng Bapak Ibu Guru, awit saking sih katresnan panjenengan sedaya anggenipun nggulawentah dumateng kula sakrencang, saengga kita saged ngrampungake kewajiban ngangsu kawruh wonten ing pawiyatan SMP I Manyaran.

Mboten kesupen, kula sakrencang nyuwun donga pangestu mugi-mugi sak pengker kula saking pawiyatan menika saged nerusaken dhateng pawiyatan ingkang sae.

Ingkang pungkasan, wasana cekap semanten atur kula, mbok menawi wonten gonyak-ganyuking atur saha solah bawa ingkang kirang mranani penggalih, kula tansah nyuwun agunging samodra pangaksami.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai “Contoh pidato bahasa Jawa Perpisahan kelas 6 atau 9“, semoga memberi manfaat bagi anda yang membutuhkan. Selalu kunjungi kawruhbasa.com untuk mendapatkan update artikel terbaru, atau ikuti kami di Google News.

Berita Terkait

Tembung Rangkep: Pengertian, Macam, Contoh, dan perbedaannya
Tembung Saroja lengkap contoh dan artinya dalam bahasa Jawa dan Indonesia
Tembung Garba Bahasa Jawa: Pengertian, Fungsi, Jenis dan 57+ Contohnya
Purwakanthi: asal kata, pengertian, jenis dan contoh
Parikan: Pengertian lengkap dengan contohnya 2 baris dan 4 baris
Unggah ungguh Basa Jawa lengkap jenis dan penerapannya
4 jenis Tembung Camboran Bahasa Jawa, pengertian dan contohnya
Keratabasa Bahasa Jawa yang populer sepanjang masa
Berita ini 107 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 30 Mei 2024 - 00:00 WIB

Tembung Rangkep: Pengertian, Macam, Contoh, dan perbedaannya

Kamis, 30 Mei 2024 - 00:00 WIB

Tembung Saroja lengkap contoh dan artinya dalam bahasa Jawa dan Indonesia

Rabu, 29 Mei 2024 - 23:59 WIB

Tembung Garba Bahasa Jawa: Pengertian, Fungsi, Jenis dan 57+ Contohnya

Selasa, 28 Mei 2024 - 22:54 WIB

Purwakanthi: asal kata, pengertian, jenis dan contoh

Selasa, 28 Mei 2024 - 11:21 WIB

Parikan: Pengertian lengkap dengan contohnya 2 baris dan 4 baris

Senin, 27 Mei 2024 - 16:23 WIB

4 jenis Tembung Camboran Bahasa Jawa, pengertian dan contohnya

Senin, 27 Mei 2024 - 16:23 WIB

Keratabasa Bahasa Jawa yang populer sepanjang masa

Senin, 27 Mei 2024 - 16:20 WIB

159 Nama Pohon, Daun, Bunga, Buah-buahan, dan bijinya dalam bahasa Jawa

Berita Terbaru

Bahasa Jawa

Tembung Rangkep: Pengertian, Macam, Contoh, dan perbedaannya

Kamis, 30 Mei 2024 - 00:00 WIB

Bahasa Jawa

Purwakanthi: asal kata, pengertian, jenis dan contoh

Selasa, 28 Mei 2024 - 22:54 WIB

Bahasa Jawa

Parikan: Pengertian lengkap dengan contohnya 2 baris dan 4 baris

Selasa, 28 Mei 2024 - 11:21 WIB